Searching...

Makanan Untuk Menyehatkan Jantung dan Melindungi dari Penyakit

Makanan Untuk Menyehatkan jantung dan melindungi dari Penyakit - Banyak manfaat yang bisa di peroleh dari sumber makanan yang kita konsumsi sehari-hari, namun ada sebagian jenis makanan tertentu yang dapat pula menyehatkan jantung dan melindungi jantung terhadap berbagai jenis penyakit. Seiring dengan perkembangan serta bergulirnya waktu, banyak sekali di temukan berbagai macam penyakit berbahaya ataupun tidak, salah satunya adalah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit yang tergolong sebagai penyakit yang berbahaya karena bisa merenggut jiwa seseorang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung adalah langkah yang tepat untuk menuju hidup yang sehat.
Makanan Untuk Menyehatkan Jantung dan Melindungi dari Penyakit
Makanan untuk menyehatkan jantung selain mudah untuk memperolehnya juga makanan tersebut mempunyai rasa yang sulit untuk kita tolak.  Ada beberapa jenis makanan ataupun buah-buahan yang mempunyai manfaat dan berguna untuk menyehatkan jantung atau melindungi jantung terhadap berbagai macam penyakit. Selain makanan yang berguna untuk melindungi jantung terhadap penyakit, ada juga jenis makanan yang dapat memicu terhadap terjadinya penyakit jantung yang perlu kita waspadai. Jenis makanan yang sering kita jumpai seperti kentang goreng, burger dan aneka makanan yang mengandung tinggi lemak merupakan Jenis makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung, oleh karena itu sebaiknya selalu kita hindari supaya kesehatan jantung dapat di pelihara dengan baik.

Makanan Untuk Menyehatkan Jantung


Diantara sekian banyak jenis makanan ternyata ada jenis makanan untuk menyehatkan jantung yang kemungkinan besar anda pernah mengkonsumsinya karena jenis makanan tersebut banyak di temukan pada hidangan yang tersaji dalam sehari-hari. Selengkapnya tentang makanan yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung bisa anda simak seperti di bawah ini:

Hazelnut

Hazelnut adalah jenis kacang yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung karena pada hazelnut mengandung oleic acid dan lemak omega-9 yang mempunyai khasiat untuk menurunkan tekanan darah, mencegah dari stroke sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit jantung. Selain itu pada hazelnut juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang pernah di lakukan oleh European Journal of Critical Nutrition, yang menyatakan bahwa; mengkonsumsi hazelnut tiap 30gr dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sehingga dapat mencegah timbunan plak pada dinding arteri. Dari sekian banyak jenis kacang-kacangan yang ada di dunia ternyata ada satu jenis kacang yang bermanfaat untuk kesehatan jantung yang dapat kita manfaatkan dalam rangka untuk melindungi jantung dari penyakit yang berbahaya.

Bawang Putih

Menurut penelitian, bawang putih adalah salah satu makanan yang berkhasiat untuk melindungi kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh, selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk membersihkan penyumbatan aliran darah pada arteri. Tak di sangka-sangka ternyata bawang putih memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh maupun jantung.

Manfaat bawang putih bagi jantung selain membantu proses aliran darah yaitu juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Hasil dari beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih sangatlah baik untuk menjaga kesehatan jantung karena dengan mengkonsumsi bawang putih selama 4 minggu maka dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 12% dari dalam tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke karena bawang putih dapat mencegah penggumpalan pada darah dan membersihkannya.

Flaxseed

Flaxseed adalah biji-bijian yang terdapat pada bunga Flax atau Linium Usistatissinum. Pada biji tersebut mengandung omega-3 yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Berbagai penelitian terhadap biji-bijian tersebut juga telah dilakukan di antaranya adalah hasil penelitian yang di lakukan oleh Canadian Journal of Cardiology telah mengungkapkan bahwa biji flaxseed yang diolah dengan cara digerus atau di campur dengan jenis makanan lain sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, oleh karena itu pada bunga flax terdapat biji-bijian yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kacang Merah

Pada kacang merah telah mengandung omega-3 yang sangat baik untuk menyehatkan jantung karena kandungan pada kacang merah tersebut bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, membantu membersihkan arteri dan mengatur detak jantung dalam tubuh. Berbagai penelitian juga dilakukan pada tanaman kacang merah tersebut untuk mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya di antaranya yaitu dengan mengkonsumsi kacang merah dengan jumlah tertentu maka dapat mengurangi resiko dari penyakit jantung hingga 22%. Rasanya begitu besar manfaat yang dapat di peroleh dari tanaman kacang merah ini hingga dapat melindungi kesehatan jantung kita. Untuk menjaga kesehatan jantung, kacang merah dapat di olah dan di campur dengan kunyit, jahe dan basil supaya gas yang terkandung di dalamnya dapat berkurang. Untuk menyehatkan jantung, mengkonsumsi kacang merah tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menuju hidup yang sehat.

Dengan melalui penelitian yang telah banyak di lakukan dapat di simpulkan bahwa untuk menjaga kesehatan jantung dapat dengan mengkonsumsi jenis makanan untuk menyehatkan jantung dan melindungi jantung dari penyakit. Dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Itulah jenis makanan yang dapat menyehatkan jantung dari penyakit.

Gaya hidup sehat merupakan kunci dari kesehatan karena dengan melaksanakan gaya hidup sehat segala jenis penyakit akan mudah untuk di hindari. Selain dari keempat jenis makanan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, ada juga jenis makanan yang baik juga menjaga kesehatan jantung. Adapun jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut:


Makanan Yang Baik Untuk Jantung


Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam kehidupan, oleh karenanya tidak ada salahnya kita selalu memperhatikan kesehatan jantung kita dengan cara mengetahui jenis makanan yang baik dan jenis makanan yang buruk terhadap kesehatan jantung. Adapun jenis makanan yang baik juga untuk menjaga kesehatan jantung adalah: kacang hitam ikan salmon dan tuna, kacang kenari tomat semangka kacang kenari jeruk buah leci wortel ubi oat, biji rami coklat hitam, cabai dan kopi.

1. Kacang hitam

Kacang hitam atau "Wu Dao" merupakan jenis makanan yang baik untuk jantung karena pada kacang hitam tersebut mengandung folat, magnesium dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah, kolesterol dan gula darah sehingga dapat membantu kondisi jantung tetap sehat.


2. Ikan salmon dan ikan tuna

Ikan salmon dan ikan tuna adalah jenis ikan yang bermanfaat untuk membantu menyehatkan jantung karena pada kedua ikan tersebut mengandung anti-oksidan dan omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegahnya. Kandungan yang terdapat pada ikan salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 telah terbukti mencegah penyakit jantung.

3. Kacang kenari

Kacang kenari merupakan jenis kacang-kacangan yang dapat di fungsikan untuk mengurangi peradangan pada pembuluh arteri dan menurunkan kadar kolesterol, oleh karena itu kacang kenari dapat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Tomat

Buah tomat juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk jantung karena mengandung lycopene, sebuah karoten yang berfungsi untuk mencegah penumpukan kolesterol jahat pada dinding pembuluh darah arteri dam membantu melancarkan aliran darah. Oleh karena itu tomat juga baik untuk membantu menyehatkan jantung.

5. Semangka

Buah semangka juga termasuk jenis buah-buahan yang baik untuk jantung karena pada buah semangka mengandung senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi kerja jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Selain itu buah semangka juga dapat menyetabilkan jantung karena mengkonsumsi buah tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Pada buah semangka selain mengandung vitamin C dan vitamin A juga mengandung antioksidan dan likopen yang berfungsi dalam menetralisir radikal bebas serta mengoksidasi kolesterol. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah semangka juga baik untuk kesehatan jantung.

6. Jeruk

Pada buah jeruk mengandung vitamin dan kalium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah, selain itu pada buah jeruk juga mengandung kolesterol yang bermanfaat untuk melawan pektin, dan pada buah jeruk juga mengandung Hesperidin antioksidan yang bermanfaat dalam penurunan tekanan darah pada tubuh. Oleh karena itu , buah  jeruk sangat baik untuk membantu menyehatkan jantung.

7. Buah Leci

Buah leci juga termasuk salah satu dari sekian banyak buah yang bermanfaat untuk kesehatan jantung karena pada buah leci tersebut mengandung Konten polifenol alami yang dapat menghambat agregasi platelet dan melindungi sel endotel dari stres oksidatif serta  memiliki efek vasorelaksasi, sehingga buah leci tersebut juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit pada jantung. Dengan meningkatkan dalam mengkonsumsi buah leci berarti dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

8. Wortel

Salah satu buah yang juga baik untuk jantung yaitu wortel. Pada buah wortel mengandung zat yang mampu melawan kolesterol jahat dan mengontrol diabetes, sehingga tanaman wortel tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung.

9. Coklat Hitam

Coklat Hitam merupakan salah satu makanan yang berguna untuk kesehatan jantung karena dapat berfungsi ganda yaitu membantu menstabilkan aliran darah dan meningkatkan aliran darah.

10. Ubi

Ubi juga termasuk makanan yang baik untuk jantung karena mengandung Vitamin A serat dan lycopene yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

11. Oat

Oat juga termasuk dalam kategori makanan yang baik untuk jantung karena mengandung zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

12. Cabai

Cabai merupakan jenis rempah yang mempunyai rasa khas yang pedas, jenis rempah yang satu ini juga mempunyai efek yang baik bagi kesehatan jantung karena dengan rasa yang dihasilkan dapat membantu melindungi jantung dan tubuh dari penyakit diabetes, karena meningkatkan insulin secara alami pada tubuh seseorang. Oleh karena itu tanaman yang mempunyai rasa yang khas tersebut sangat baik untuk membantu menyehatkan jantung.

13. Biji rami

Biji rami adalah salah satu dari sekian banyak makanan yang baik untuk jantung karena mengandung Serat, ALA dan phytochemical ketiga unsur tersebut berkhasiat untuk melindungi kesehatan jantung. Selain itu manfaat lain yang terkandung di dalam biji rami tersebut dapat berguna untuk melindungi kesehatan hati yaitu dengan mengkonsumsi secara teratur 1 sendok bubuk biji rami yang bisa di campur dengan sereal atau salad maka akan dapat berfungsi dalam menyehatkan organ hati.

14. Kopi

Kopi merupakan jenis minuman yang sering kita jumpai dalam sehari-hari, namun selain mempunyai efek negatif kopi juga baik karena dapat menjauhkan diri dari penyakit diabetes tipe 2, namun pada penderita tekanan darah tinggi mengkonsumsi kopi haruslah di hindari karena mempunyai efek pada tekanan darah.

Itulah serangkaian jenis makanan yang baik untuk menyehatkan jantung dari berbagai gangguan, kurangilah jenis makanan cepat saji dan gunakanlah cara hidup sehat agar dapat mengurangi resiko terhadap timbulnya penyakit. Namun apabila anda telah memiliki gangguan pada jantung ataupun penyakit jantung, hendaknya selalu waspada dan jangan lupa menjaga asupan makanan, memilih dan janganlah memakan makanan yang menjadi pantangan dari penyakit jantung. Mengkonsumsi jenis makanan yang dilarang dapat memperparah dari penyakit jantung tersebut.

Tip menjaga kesehatan jantung


Untuk menjaga kesehatan jantung, hendaknya menjauhkan dari hal-hal yang dapat memperburuk kondisi dari kesehatan jantung, termasuk menjauhkan dari makanan yang dapat memicu penyakit jantung. Dibawah ini adalah jenis makanan yang banyak kita jumpai dalam sehari-hari yang perlu anda waspadai.

Telur

Pada kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan di setiap 100gr kuning telur mempunyai kandungan kolesterol sebanyak 1.234mg, sedangkan orang dewasa dalam satu hari tidak di anjurkan mengkonsumsi kolesterol melebihi 300mg. Untuk itu, apabila ingin mengkonsumsi telur sebaiknya tidak mengkonsumsi jenis makanan yang berkolesterol lainnya sampai keesokan harinya.

Makanan yang mengandung mentega

Pada jenis makanan yang diolah menggunakan mentega juga tidak baik untuk kesehatan jantung karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi yaitu 1sdm mentega mengandung kolesterol sebanyak 30mg, jadi dalam mengkonsumsi makanan berkolesterol hendaknya jangan sampai melebihi batas yang di butuhkan karena dapat membahayakan kesehatan. Makanan berkolesterol lainnya yang perlu di perhatikan adalah jeroan hewan, kulit ayam, junk food, daging olahan, keju, coklat serta eskrim. Jenis makanan tersebut juga tidak baik untuk kesehatan jantung apabila pada tubuh telah terdapat kolesterol pada tingkat yang lebih.

Pola hidup sehat

Untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya menerapkan pola hidup yang sehat, seperti rajin dalam berolahraga, berhenti dan jangan merokok, menjauhkan diri dari stres dan mengkonsumsi makanan yang dapat menyehatkan jantung.

Buah yang mengandung antioksidan

Mengkonsumsi jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan juga baik dalam rangka menjaga kesehatan jantung. Adapun buah buahan yang mengandung antioksidan yang dapat kita temui dalam sehari-hari seperti jeruk, anggur dan blueberry.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, makan makanan yang dapat menyehatkan jantung dan menjauhi dari hal yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung maka kesehatan jantung kita dapat terjaga.

Demikianlah artikel kali ini tentang Makanan untuk menyehatkan jantung dan melindungi dari Penyakit, semoga dapat bermanfaat. jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Ciri Awal Penyakit Jantung Yang Akan Terjadi Pada Diri Anda.




0 komentar:

Posting Komentar