Searching...

Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Secara Mudah Alami

Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Secara Mudah Alami - Bibir adalah bagian dari wajah yang mempunyai daya tarik tersendiri karena merupakan lambang kecakapan seseorang. Bagi wanita bibir termasuk lambang kecantikan, oleh karena itu apa bila bibir telah mengalami sedikit gangguan misalnya bibir pecah pecah maka wajah yang semula cantik bisa menjadi tidak menarik lagi karena bibir merupakan bagian dari tubuh yang sering di perhatikan oleh orang lain dalam pergaulan. Bagi anda yang sedang mengalami bibir pecah-pecah dan kering tentunya tidak bisa tinggal diam terhadap keadaan ini, karena selain terasa tidak nyaman, bibir yang mengalami pecah-pecah dan kering tersebut dapat merusak daya tarik dan penampilan anda karena bibir merupakan bagian dari keindahan wajah.
Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Secara Mudah Alami

Bibir pecah-pecah dan kering dapat dapat terjadi pada setiap orang baik dewasa ataupun anak anak karena gangguan tersebut dapat di sebabkan dari faktor panas dalam, kekurangan vitamin C, akibat dehidrasi, karena cuaca, sering menjilati bibir, penggunaan obat-obatan dan infeksi.

Mengatasi bibir pecah-pecah dan kering dapat dilakukan sendiri tanpa memerlukan perawatan khusus karena bibir pecah-pecah dan kering tersebut adalah hal yang biasa terjadi kecuali bibir pecah-pecah dan kering yang di sebabkan karena adanya penyakit yang mendasarinya.

Penyebab Bibir Pecah dan Kering


Bibir adalah bagian dari wajah yang memiliki lapisan kulit yang tipis sehingga sangat sensitif terhadap kekeringan, hal itu di karenakan kulit bibir tersebut tidak mengandung kelenjar minyak seperti kulit pada bagian tubuh lainnya sehingga lebih mudah kering bahkan sampai pecah-pecah. Adapun penyebab bibir mengalami pecah-pecah dan kering adalah:

1. Cuaca


Faktor dari cuaca yang panas memang sering mengakibatkan bibir pecah-pecah dan kering karena tubuh mudah mengalami dehidrasi.

2. Menjilati bibir


Ada sebagian orang yang mempunyai kebiasaan menjilati bibir. Menjilati bibir juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering karena pada air liur tersebut mengandung zat asam yang dapat menyebabkan bibir kering, bahkan juga dapat mengakibatkan iritasi.

3. Kekurangan vitamin C


Kekurangan vitamin C juga akan berdampak buruk pada kondisi kulit tubuh termasuk pada bibir.

4. Obat-obatan


Penggunaan jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering.

5. Infeksi


Bibir pecah-pecah dan kering juga dapat disebabkan karena infeksi ataupun adanya gangguan pada tubuh lain seperti; alergi, malnutrisi dan autoimun.

Daribeberapa faktor yang menyebabkan terjadinya bibir pecah-pecah dan kering tersebut yang sering di alami adalah bibir pecah-pecah dan kering yang di sebabkan dari kekurangan air/dehidrasi. Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering dapat di lakukan penanganan sendiri secara alami. Adapun cara mencegah bibir pecah-pecah dan kering adalah seperti di bawah ini.

Cara Mencegah Bibir Pecah dan Kering


Bibir pecah-pecah dan kering  tersebut dapat di cegah ataupun di atasi dengan cara mudah dan alami. Adapun cara untuk mencegah dari bibir pecah-pecah dan kering adalah:

1.Dengan cara menjaga kelembaban kulit seperti meminum air putih yang cukup supaya tubuh tidak kekurangan cairan.

2.Dengan menghindari cuaca kering/dingin dengan cara menggunakan pelembab bibir atau bisa juga dengan minyak nabati atau minyak ikan.

3.Menggunakan pelembab yang mengandung tabir surya seperti SPF=15 ketika beraktifitas di bawah terik matahari, karena kulit pada bibir mudah terbakar apabila terkena sinar matahari di bandingkan dengan kulit tubuh lainnya.

4.Obat kumur dan pasta gigi yang mengandung menthol juga dapat menyebabkan iritasi pada bibir, maka gantilah apabila produk tersebut di rasa tidak cocok.

5.Menghindari dari kebiasaan buruk dengan cara membasahi bibir dengan lidah.

6.Hindarilah pernafasan dengan mulut karena udara yang keluar masuk pada mulut dapat menyebabkan bibir menjadi kering.

Itulah beberapa rangkaian dan tip untuk mencegah supaya bibir tidak kekeringan atau pecah-pecah. namun apabila anda sedang mengalami bibir pecah-pecah dan kering juga dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Kering


Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering dapat di atasi dengan cara-cara alami yang mudah di lakukan dan tidak menimbulkan efek samping, sehingga aman bagi kulit bibir. Adapun cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara alami dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti di bawah ini.

1. Meracik Lemon dan Madu


Obat untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara alami dapat menggunakan campuran antara lemon dan madu. Racikan tersebut efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Cara meraciknya adalah dengan cara mencampur perasan air lemon dan madu yang kemudian di oleskan pada bibir yang kering tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan.

2. Buah Tomat


Tomat merupakan jenis buah yang banyak mengandung vitamin C yang mempunyai peranan penting bagi kulit, oleh karena itu tomat juga bagus jika di gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara alami.

Untuk cara menggunakannya adalah dengan cara di potong atau di belah kemudian di oleskan pada bibir. Selain itu juga bisa di tambahkan madu dengan cara di teteskan pada potongan tomat tersebut yang kemudian baru di oleskan pada bibir.

3. Madu


Madu asli yang di hasilkan oleh lebah memang banyak khasiatnya yaitu di antaranya dapat digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara alami karena dapat melembabkan bibir dan melembutkannya. Cara menggunakannya yaitu dengan cara gerakkan dengan sedikit memejat bibir dengan jari yang sebelumnya di olesi dengan madu.

4. Minyak kelapa


Minyak kelapa juga dapat di gunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah karena mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara alami serta sekaligus dapat menyingkirkan warna gelap pada bibir. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak kelapa pada bibir yang kering tersebut.

5. Mentimun


Buah mentimun juga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C yang dapat di manfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering karena dapat melembabkan bibir dengan cara mengambil irisan mentimun lalu pijatlah bibir anda dengan irisan mentimun tersebut.

6. Lidah buaya


Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk merawat kulit tubuh yang kering. Selain berkhasiat untuk merawat kulit tubuh, juga dapat di gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering dengan cara mengoleskan ekstrak lidah buaya tersebut pada bibir anda.

7. Air putih


Air putih merupakan sumber kehidupan yang dapat pula di gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Salah satu penyebab bibir kering adalah dehidrasi oleh karena itu, dengan meminum air putih yang cukup maka kelembaban bibir akan terjaga.

8. Jeruk


Buah jeruk merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C yang dapat bermanfaat untuk menjaga dan melembabkan kulit ataupun bibir. Dengan mengkonsumsi buah jeruk sebanyak 10mg X berat badan maka kelembaban dan kesehatan kulit akan terjaga.
Untuk mengkonsumsu dengan ukuran yang lebih tepat anda bisa mengkonsumsi buah jeruk dengan memakai rumusan 10mg X berat badan, misalnya apabila berat badan 50kg maka 10mgX50kg, maka sama hasilnya dengan 5 buah jeruk perhari.

9. Wortel


Wortel mempunyai warna yang sama dengan sebuah warna bibir yang segar. Buah wortel merupakan salah satu buah yang dapat berkhasiat untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara alami. Cara penggunaannya dengan cara di haluskan/diparut yang kemudian di oleskan pada bibir. Selain itu air perasan wortel juga bisa di minum karena untuk mendapatkan hasil secara maksimal.

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan kering secara efektif hendaknya mengetahui penyebabnya, karena dengan mengetahui penyebab terjadinya maka akan memudahkan kita dalam penyembuhannya. Periksalah kedokter apabila bibir tersebut makin hari makin parah karena di hawatirkan adanya penyakit yang mendasarinya.

Tips Bibir Pecah-Pecah dan Kering


Untuk menghindari dari timbulnya bibir pecah-pecah dan kering sebaiknya anda menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkannya dan usahakan selalu menjaga kesehatan kulit bibir dengan menjaga tubuh dari kekurangan nutrisi dan cairan.

1. Kebutuhan Nutrisi


kekurangan nutrisi dan vitamin juga akan berdampak pada kulit bibir sehingga dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah dan kering. Oleh karena itu untuk menghindari bibir pecah-pecah dan kering tersebut hendaknya memperhatikan kebutuhan nutrisi pada tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin/mineral dalam jumlah yang cukup.

2. Menghindari kebiasaan buruk


Ada sebagian orang yang mempunyai kebiasaan buruk dengan membasahi bibir kering dengan ujung lidah, hal tersebut adalah pelakuan yang keliru karena justru akan membuat bibir akan bertambah kering, untuk itu hindarilah perlakuan yang salah tersebut.

3. Minum air putih yang banyak


Air putih yang di konsumsi dalam jumlah yang cukup akan menjaga seluruh kelembaban pada kulit termasuk kulit bibir. Untuk itu supaya bibir tidak kering dan pecah-pecah tersebut sebaiknya meminum air putih dalam jumlah yang cukup jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi.

4. Janganlah menggigit bibir


Kebiasaan dalam menggigit bibir juga dapat mengakibatkan bibir pecah-pecah dan kering sebab akan dapat mengakibatkan rusaknya lapisan kulit pada bibir.

5. Bernafas dengan hidung


Bernafas bisa melalui hidung dan mulut, pada pernafasan dengan melalui mulut akan dapat mengakibatkan kulit bibir menjadi kering bahkan bisa mengalami pecah-pecah oleh karena itu, sebaiknya hindarilah pernafasan dengan menggunakan mulut.

6. Mengkonsumsi Buah dan Sayur


Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan pada kulit dan bibir. Maka untuk menghindari terjadinya bibir pecah-pecah dan kering sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup.

7. Hati-hati dalam memilih lipstik


Pemilihan lipstik yang tidak cocok juga dapat menjadi penyebab bibir pecah-pecah dan kering, oleh karena itu waspadailah apa bila memilih produk lipstik anda. Gunakanlah produk yang cocok untuk bibir anda.

Itulan artikel tentang Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Secara Mudah Alami yang lengkap dengan penyebab dan tips mengatasi bibir pecah-pecah dan kering. Untuk menjaga kesehatan kulit bibir anda sebaiknya menghindari terhadap segala sesuatu yang dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit bibir anda, periksalah kedokter apabila bibir pecah-pecah dan kering tersebut tidak kunjung sembuh. Sekian dulu artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Makanan Untuk Menyehatkan Jantung dan Melindungi dari Penyakit.




0 komentar:

Posting Komentar