Searching...

Cara Mengatasi Keputihan Lengkap dengan Obat dan Gejalanya

Keputihan adalah cairan yang di keluarkan oleh vagina yang bersifat normal dan tidak normal dengan sebab-sebab tertentu. Keputihan normal ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina yang berwarna bening. Sedangkan keputihan yang tidak normal di tandai dengan keluarnya cairan dari vagina yang berlebihan, berwarna pekat, terasa gatal dan berbau.
Cara Mengatasi Keputihan Lengkap dengan Obat dan Gejalanya

Keputihan biasa terjadi dan dialami wanita yang sedang hamil, karena mendapatkan rangsangan seks, sedang menyusui, ovulasi, karena siklus menstruasi dan bisa karena sebab diet ataupun stress. Keputihan merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada wanita tanpa mengenal usia.

Penyebab Keputihan

Adapun penyebab keputihan di sebabkan dari berbagai sebab, diantaranya:
1. Infeksi dari jamur Candida albicans, bakteri Neisseria gonorrhoea atau parasit Trichomonas vaginalis.
2. Adanya peradangan pada alat kelamin.
3. Adanya benda asing dalam kemaluan.
4. Gejala dari penyakit kanker rahim.
5. Karena perubahan horman
6. Karena stress/kelelahan

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan keputihan. Adapun untuk mengatasi keputihan secara cepat dan tepat selengkapnya bisa anda simak seperti di bawah ini.

Jenis Keputihan

Jenis keputihan yang di alami wanita dapat di bedakan menjadi dua yaitu keputihan normal yang disebut sebagai keputihan fisiologi  dan keputihan tidak normal atau disebut dengan keputihan patologi(penyakit keputihan). Keputihan normal/fisiologi pada wanita terjadi secara normal dengan ciri-ciri seperti diatas. Sedangkan keputihan tidak normal/patologi adalah jenis keputihan yang di sebabkan karena adanya infeksi.

Ciri wanita mengalami keputihan yang tidak normal
Keputihan yang tidak normal di tandai dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan dan berbau amis
  2. Terasa gatal dan daerah vagina berwarna merah
  3. Cairan yang keluar lebih banyak
  4. Disaat buang air terasa panas/perih
  5. Terjadi gangguan menstruasi

Adapun penyebab dari keputihan patologi adalah:


1. Keputihan yang disebabkan karena jamur Candidas atau Monilia Jamur Candidas/Monila, keputihan ini dapat diketahui dengan ciri-ciri; keluarnya cairan yang bersifat kental, berbau, berwarna dan terasa gatal-gatal. Keputihan tersebut biasanya terjadi pada wanita dengan pemakaian alat kontrasepsi yang tidak cocok dan terjadi pada penderita penyakit diabetes.

2. Keputihan yang disebabkan karena Parasit Trichomonas Vaginalis. Keputihan ini di tandai dengan keluarnya cairan yang bersifat kental, berwarna kuning kehijauan, berbau anyir serta berbuih. bakteri penyakit ini dapat ditularkan melalui perantara perlengkapan untuk mandi dan melalui hubungan seks.

3. Keputihan yang disebabkan karena Bakteri Gardnella. Keputihan ini ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna keabu abuan, dengan bau yang amis dan berbuih serta terasa gatal.

4. Keputihan yang disebabkan karena adanya penyakit/virus lain dalam tubuh, misalnya HIV, condyloma dan herpes. Virus-virus tersebut dapat memicu terjadinya penyakit kelamin seperti keputihan yang di sebabkan oleh virus condyloma dapat menimbulkan kutil berbau di daerah kemaluan. Sedangkan keputihan yang di sebabkan oleh virus herpes dapat menimbulkan gatal/panas pada kemaluan. Keputihan yang disebabkan dari virus tersebut jika dibiarkan dimungkinkan dapat menyebabkan timbulnya kanker rahim.

5. Keputihan yang disebabkan oleh Bakteri treponema Pallidium. Keputihan seperti ini disebabkan dari bakteri penyakit sifilis, dimana bakteri tersebut memicu tumbuhnya kutil secara pesat didaerah kemaluan.

Cara Mengatasi dan Mencegah Keputihan


1. Untuk mencegah dan mengatasi keputihan dapat di lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Selalu menjaga kebersihan badan khususnya kemaluan dengan cara mengganti pakaian dalam secara teratur supaya tidak lembab dan kotor sehingga terhindar dari bakteri, jamur dan virus.

2. Membersihkan vagina dengan pembersih khusus kewanitaan, langkah ini sangat efektif untuk mengatasi keputihan yang belum parah karena pembersih yang mengandung anti septik tersebut berguna untuk mencegah bakteri/kuman pada vagina.

3. Sering seringlah mengganti pembalut ketika anda sedang menstruasi, karena pembalut yang terlalu lama di pakai akan memicu munculnya bakteri yang nantinya dapat menginfeksi pada vagina.

4. Apabila kondisi keputihan sudah terlalu parah maka sebaiknya bawalah kedokter untuk mendapatkan penanganan yang serius. Biasanya dokter akan memberikan obat yang tepat untuk mengatasinya dan pembedahan akan dilakukan apabila diperlukan dengan tujuan mengangkat sebagian kecil leher rahim yang terinfeksi dari jamur, virus dan bakteri.

5. Untuk mengatasi keputihan juga dapat menggunakan obat tradisional, jenis obat tradisional juga efektif untuk mengatasi keputihan.

Obat Keputihan

Berikut obat yang dapat di gunakan untuk menyembuhkan keputihan:

1. Obat keputihan dapat menggunakan obat yang berfungsi untuk membasmi jamur biasanya dalam bentuk preparat vaginal yaitu antiseptik/Povidone Iodine. Jenis larutan tersebut berguna untuk anti infeksi dari beberapa jamur termasuk jamur Kandida danTrikomonas. Selain untuk mengobati keputihan, cairan Povidone Iodine juga sebagai bahan pembersih kewanitaan namun tidak boleh digunakan untuk wanita hamil/menyusui.

2. Obat keputihan dapat menggunakan obat antibiotik khusus untuk melawan bakteri, adapun jenis antibiotik tersebut yang dapat di gunakan misalnya; Metronidazole, Tinidazole, Nimoralzole dan Clotrimazole. Jenis obat-obat tersebut sangat efektif untuk mencegah berkembangnya infeksi bakteri. Untuk membasmi jamur yang menyebabkan keputihan tersebut obat anti biotik jenis ini kurang cocok dan masih perlu di kombinasikan dengan obat lainnya yang berguna untuk membasmi jamur yang menyebabkan keputihan tersebut.

3. Obat Keputihan dapat juga menggunakan obat tradisional/alami, Obat alami tersebut dapat dibuat sendiri dengan cara;

Siapkanlah bahan-bahannya, antara lain:  kunyit, temulawak, kunci, 10-15 lembar daun beluntas dan kayu rapet pulasari. Semua bahan tersebut diiris kecil dan direbus dengan 2 mangkok air putih, tunggu sampai air rebusan tersisa setengahnya, tunggu dingin baru diminum rutin 2x dalam sehari dan biasanya keputihan dapat mereda secara cepat, kira-kira memasuki sepuluh hari.

Secara umum keputihan merupakan hal yang biasa terjadi pada wanita, namun janganlah anda menyepelekannya karena keputihan yang terlambat penanganannya dapat memicu pada pertumbuhan kanker rahim. Bawalah kedokter apabila keputihan tersebut tergolong parah karena  untuk menanggulangi hal yang tidak kita inginkan.

Cukup sekian dulu artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Keputihan Lengkap dengan Obat dan Gejalanya semoga dapat anda jadikan tambahan wawasan baru tentang cara mengatasi keputihan. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Ciri Awal Terjadinya Kanker Payudara Perlu Anda Ketahui.




0 komentar:

Posting Komentar